Minggu, 07 Februari 2016

Obyek wisata di Pontianak


5 Tempat Wisata di Pontianak yang Asyik Dikunjungi Bersama Keluarga




Objek wisata Hutan Albasia di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. 


Tinggal di tengah kota dengan segala kesibukan membuat kamu membutuhkan sarana untuk rileks sejenak. Salah satu cara termudah untuk melepaskan penat setelah berkutat dengan pekerjaan adalah piknik kecil-kecilan bersama keluarga maupun teman.  




Untuk bisa piknik, kini tak perlu jauh-jauh hingga ke Singkawang atau sekitarnya untuk melepas penat. Sebab, di sekitaran Pontianak dan Kubu Raya ada beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan dengan suasana piknik yang pas.  

Berikut ini rekomendasi tempat piknik sekitar Pontianak : 


1. Equator Park 




Dibangun dengan dana desa dan hibah lahan dari sejumlah warga, sebuah destinasi wisata baru, Equator Park Jeruju Besar, Kabupaten Kubu Raya, bisa menjadi pilihan tepat untuk piknik bersama keluarga.  


Wisata mangrove dan bakau yang masih dalam tahap perkembangan ini, menyajikan destinasi wisata yang rindang dan menyejukkan. Kamu juga bisa berfoto-foto di beberapa tempat yang instagramable. Selain rindangnya alam, di sana juga menyajikan beberapa tempat penginapan. 


Terdapat juga beberapa pendopo untuk kamu beristirahat di sana. Nuansa pepohonan yang rindang membuat kamu betah menghabiskan waktu liburanmu di tempat tersebut. 


Untuk bisa memasuki Kawasan Equator Park, pengunjung yang mengendarai sepeda motor dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5 ribu. Sementara pengunjung yang menggunakan mobil juga dikenakan biaya Rp 5 ribu per orang. 


Berbagai wahana permainan yang dapat dinikmati dibanderol dengan harga variatif. Dari yang paling murah seharga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per wahana. 


2. Hutan Albasia 



Bila ke Yogyakarta, wisata hutan pinus menjadi salah tempat yang wajib untuk dikunjungi. Kini, di Kalimantan Barat sudah ada objek wisata alam nan asri penuh pepohonan, tepatnya di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. 


Hutan Albasiah yang baru saja diresmikan beberapa minggu lalu ini merupakan hutan kawasan milik pabrik Alas Kusuma. Meskipun masih dalam tahap perkembangan, hutan ini bisa dijadikan tempat piknik sembari menikmati alam terbuka. Tidak hanya sekadar mengandalkan pepohonan tinggi, ada juga beberapa spot yang cocok untuk foto-foto. 


Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hutan-hutan tinggi tersebut untuk hammocking dan berkemah. Untuk yang tidak membawa hammock, di sini terdapat penyewaan hammock. 

Bila ingin piknik disini, dari pusat Kota Pontianak, jarak lokasi ke hutan ini memakan waktu berkisar 30 menit dan medan yang dilalui untuk menuju destinasi wisata tersebut bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. 


3. Taman Alun-alun Kapuas  



Ingin piknik sederhana dan hemat namun bisa melepas segala kepenatan, berkunjunglah ke Taman Alun-alun Kapuas. Menikmati pemandangan sungai yang membelah Kota Pontianak ini, sambil duduk santai dan menikmati sajian kuliner khas Pontianak menjadi saat menyenangkan saat berada di taman ini.  


Taman Alun-alun Kapuas menjadi lebih indah saat malam telah menyapa. Cahaya-cahaya lampu yang menerangi area sekitar taman mempercantik nuansa taman ini di saat hari mulai gelap. Lampu-lampu yang berasal dari kapal-kapal nelayan menjadi dekorasi cantik dari arah sungai. Tak heran jika tempat ini jadi spot favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu santainya. 


Untuk menuju taman ini pengunjung dapat menempuh beberapa alternatif transportasi yang sangat mudah. Karena letaknya yang berada di pusat kota menjadikan taman ini begitu mudah untuk diakses. 


4. Wisata Balek Kampoeng 



Wisata Balek Kampoeng merupakan taman wisata dengan konsep kampung yang asri untuk liburan keluarga atau bersama teman-teman. Tempat wisata ini berada di Jalan Kalimas Tengah, Desa Kalimas, Kecamatan Sungai Kakap ini bisa menjadi tujuan terbaik bagi masyarakat Kubu Raya, Pontianak dan sekitarnya yang ingin melakukan piknik sederhana.  


Tempat ini memiliki keindahan alam yang menawan dan menyediakan berbagai fasilitas menarik dengan harga yang terjangkau. Diantaranya, jika kamu suka berkebun, di sini ada kebun sayuran dan buahan dan taman yang asri.  



Kamu juga bisa memetik buah jeruk dengan hanya membayar Rp 20 ribu per orang. 


Selain itu ada pula kolam pemancingan yang nantinya hasil pancingan bisa dibeli dan di bawa pulang, atau bisa juga langsung dimasak di taman. 


Nah, untuk tiket masuk pun terbilang murah, yakni RP 5 ribu per orang. Dibuka hingga pukul 17:00 WIB, taman wisata ini ramai dikunjungi tidak hanya weekend. Tetapi juga dikunjungi pada hari-hari biasa.  


5. Danau Hoce 



Ingin piknik di pinggir danau sambil menikmati senja, langsung ke Danau Hoce. Danau buatan seluas 20.000 meter persegi yang berada di Jalan Kuala Dua, Kubu Raya, Kalimantan Barat menawarkan fasilitas piknik yang menarik.  


Danau Hoce yang merupakan singkatan dari Hobi Centre ini, menyajikan berbagai macam wisata air yang cocok untuk mengisi akhir pekan kamu. Selain itu, danau tersebut memiliki air yang cukup jernih dan berwarna biru. Permainan air yang bisa kamu coba disini mulai dari kano, sepeda air, jet ski, floaties.  


Untuk penyewaan permainan tersebut dihitung setiap 30 menit. Permainan kano, misalnya, dibanderol mulai dari Rp 10 ribu. Sepeda air Rp 15 ribu, jet ski Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu, dan floaties Rp 20 ribu. Keseruannya akan lebih kamu rasakan saat sore, sambil menikmati pantulan cahaya matahari tenggelam yang sangat indah. 



Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang atau takut tenggelam, tempat wisata tersebut juga menyewakan berbagai macam pelampung. Wisata air tersebut buka setiap hari, sejak pagi hingga petang. 


Yang menjadi semakin menarik, selain terdapat wisata air, pemandangan pepohonan hijau di sekitarnya, dan danau dengan air yang jernih, menjadikan suasana di tempat wisata tersebut semakin menarik untuk dikunjungi.